Jumlah Cekungan Geologi RI Tambah Dobel Jadi 128 Buah

Jumlah Cekungan Geologi RI Tambah Dobel Jadi 128 Buah

Nurseffi Dwi Wahyuni – detikFinance (19/05/2009)

Jakarta – Jumlah cekungan di Indonesia bertambah dua kali lipat. Jika di tahun 2006 hanya sebanyak 60 buah cekungan geologi saat ini diketahui jumlahnya sudah mencapai 128 buah.

“Saya selalu sampaikan kalau jumlah cekungan di Indonesia sekitar 60 buah, tapi mulai pagi ini angka magic itu sudah berubah,” kata Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dalam sambutannya pada Lokakarya Cekungan Sedimen Indonesia, di Gedung ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (19/5/2009).

Purnomo menjelaskan berdasarkan hasil penelitian Badan Geologi Departemen dilaporkan, saat ini jumlah cekungan sedimen di Indonesia sudah bertambah menjadi 128 buah.

“Jadi nanti para Dirjen ataupun menteri yang baru jangan lupa kalau sekarang jumlah cekungan kita bukan 60 lagi tapi sudah 128 buah,” jelasnya.

Menurut Purnomo, pihaknya nanti akan membuat atlas cekungan sedimen yang bisa digunakan untuk membantu kegiatan ekplorasi produksi dan kegiatan perminyakan lainnya. “Ini akan bantu untuk temukan cadangan-cadangan migas yang baru,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi, R Sukyar menyatakan penemuan tersebut dapat menjadi target eksplorasi bagi para pelaku usaha di bidang energi.

“Bagi pengembang ini akan menjadi informasi baru yang akan menjadi target-target ekplorasi di masa yang datang,”ungkap Sukyar.

Sebelumnya data ditjen migas mencatat jumlah cekungan hidrokarbon di Indonesia sampai akhir tahun 2006 berjumlah 60 cekungan, dengan perincian: 16 cekungan sudah berproduksi: 8 cekungan terbukti mengandung hidrokarbon tetapi belum berproduksi: 14 cekungan sudah dibor tapi belum menemukan hidrokarbon: dan sisanya 22 cekungan masih belum dilakukan pemboran eksplorasi.

(epi/ir)

Sumber:
http://www.detikfinance.com/read/2009/05/19/093544/1133732/4/jumlah-cekungan-geologi-ri-tambah-dobel-jadi-128-buah

*Maaf, tulisannya saya ralat, mbak. Cekungan sedimen, bukan cekungan sendimen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: